gambar

Entri Populer

jam

Jumat, 08 Oktober 2010

culture as a force of change civilization

culture as a force of change civilization
Bangsa Indonesia memiliki jutaan bahkan ribuan budaya yang terbagi di seluruh penjuru pelosok negri. Namun, entah mengapa budaya asli didikan alam Indonesia selang waktu semakin hilang dan seakan-akan menghilang tanpa jejak, yang lebih kritisnya beberapa budaya bangsa ini diklaim menjadi budaya bangsa lain. Sebagai bukti cinta tanah air dan sebagai generasi muda inilah tugas kita untuk mempertahankan budaya nenek moyang, karena tanpa budaya itu kita tidak akan pernah seperti ini. Menjaga dan melestarikan budaya bangsa ini sudah sewajarnya kita lakukan sejak dini, “apa kita mau baju kita dipakai oleh orang lain??”, kata tersebut sangat pantas unuk mendobrak semangat agar lebih menghargai dan menghormati bahkan melestarikan budaya kita sendiri.
Budaya dapat juga diartikan sebagai identitas bangsa karena budaya adalah bukti jati diri bangsa itu sendiri.kita dapat ambil contoh kecil dari “batik” yang menjadi “made in Indonesia”, dalam setiap motif batik mengandung pengertian arti kegunaan motif itu sendiri. Dan batik dapat membawa nama bangsa ini dikenal di dunia Internasional.
Kita ambil contoh lagi adalah candi sebagai budaya peninggalan nenek moyang bangsa ini, sebagai tanda bahwa bangsa ini dari dulu hingga sekarang adalah bangsa pemersatu dalam bentuk-bentuk kerajaan yang ada.
Kemudian tari-tarian yang beraneka ragam dan tersebar diseluruh penjuru bangsa ini juga tak jauh, tarian tersebut tersebut melambangkan beberapa unsur tersebut (misalnya: perang, keindahan, dll)
Dari beberapa budaya indonesia seperti diatas, dapat digunakan sebagai nilai jual bangsa indonesia sendiri di kancah dunia Internasional. Mengapa bisa menjadi nilai jual tersendiri?? Tentu saja dikarenakan itu semua “made in Indonesia” atau hanya ada di Indonesia, sehingga menjadi daya tarik tersendiri para pelancong untuk singgah ke Indonesia. Kita bayangkan jika sekian persen turis melancong ke Indonesia, pendapatan masyarakat, daerah, bahkan negara mampu menunjukan hasil yang signifikan. Dan pendapatan tersebut mampu menunjang pertumbuhan perekonomian bangsa ini dan bisa kita katakan “culture as a force of change civilization”.






Identitas pengirim :
Nama : dwi nurohman
Alamat : kutabanjar rt 04/ rw 02, Banjarnegara, Jawa tengah
Sekolah : UNSIQ jawa tengah di wonosobo
Progam study : Prodi Fisika
No Hp : 085729693942

Tidak ada komentar:

Posting Komentar