gambar

Entri Populer

jam

Jumat, 29 Oktober 2010

materi kelas 3 SD (LINGKUNNGAN)

LINGKUNGAN
Lingkungan berdasarkan keadaannya dibedakan atas :
1) Lingkungan sehat
Cirri-ciri :
a) Keadaan tanah, air, dan udara bersih
b) Banyak tumbuhan
c) Pengaturan ruang yang baik
2) Lingkungan tidak sehat
Cirri-ciri :
a) Keadaan tanah, air, udara tercemar
b) Gersang
c) Pengaturan ruang yang buruk
Perhatikan keadaan disekitarmu. Kamu mungkin sedang berada disekolah. Jadi kamu ada dilingkungan sekolah. Kamu mungkin sdang berada dirumah. Berarti kamu ada dilingkungan rumah.

Gambar pegunungan yang indah dan sehat
Bagaimana keadaan sekolahmu? Apakah keadaan sekolahmu bersih dan nyaman? Apakah kamu senag berada di lingkungan sekolahmu?
Kali ini kalian akan belajar tentang lingkungan. Kalian belajar mengamati pengaruh lingkungan terhadap kesehatan.
A) LINGKUNGAN SEHAT DAN TIDAK SEHAT
Lingkungan adalah keadaan yang ada disekitar kita. Jadi, dimanapun kita berada, kita pasti dikelilingi lingkungan.
Keadaan lingkungan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lingkungan sehat dan tidak sehat. Penggolongan iini berdasarkan pengaruh lingkungan bagi kesehatan kita. Coba kalian melihat lingkungan disekitar kalian, bagaimana keadaannya? Apa cirri-ciri yang ada? Dari ciri-ciri itu coba kalian bedakan , apakah lingkungan sehat atau tidak sehat.
1. LINGKUNGAN SEHAT
Lingkungan sehat bertolak belakang dengan lingkungan tidak sehat. Sesungguhnya, tidak sulit untuk membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
Lingkungan sehat member rasa nyaman bagi setiap orang yang berada ditempat itu. Berikut beberapa hal yang menjadi cirri lingkungan sehat.

Gambar lingkungan sehat
a) Udara dilingkungan terasa segar, tanpa bau tidak enak. Hal ini dapat terjadi karena sampah tidak menumpuk atau berserakan. Saluran air atau selokan mengalir dengan lancer karena tidak ada sampah yang menyumbat, jadi lingkungan terlihat bersihh.
b) lingkunGn terlihat asri karena tumbuhan hijau menghiasinya. Warna daun member rasa nyaman bagi orang yang memandangnya. Selain itu, tumbuhan mengeluarkan gas oksigen yang membuat udara terasa segar.
c) Lingkungan sehat mamiliki pengaturan tempat yang baik. Misalnya lingkungan perumahan memiliki taman bermain. Dengan demikian, anak mempunyai tempat bermain yang nyaman dan aman untuk bermain.


2) LINGKUNGAN TIDAK SEHAT


Gambar lingkungan tidak sehat
Lingkungan tidak sehat tidak memberri rasa nyaman bagi orang yang berada ditempat itu. Berikut beberapa hal yang menjadi cirri lingkungan tidak sehat.
a) Uddara terasa menyesakan karena bau sampah dan asap kendaraan. Hal ini terjadi karena banyak sampah yang menumpuk atau berserakan. Asap mengepul dari kendaraan yang lewat. Selokan yang tersumbat karena sampah yang menumpuk. Halin sangat berbahaya bagi kesehatan.
b) Lingkungan terlihat gersang karena tidak ada tumbuhan yang menghiasi, jikkapun ada jumlahnya sangat sedikit.
c) Lingkungan yang tidak sehat mamiliki cirri pengaturan tempat yang tidak baik. Mmisalnya, tempat sampah yang diletakan dekat warung makan. Lebih buruk lagi jika sampah dibiarkan terbuka.
Lingkungan jadi tidak sehat karena terjadinya atau pengotoran. Pencemaran liingkungan dapat beruppa pencemaran tanah, air, atau pencemaran.
• Pencemaran tanah
Pencemaran atnah umumnya berasal dari limbah atauu sampah berbenttuk cair dan padat. Limbah cair biasanya disebabkan oleh pemakaian racun serangga atau pupuk cair yang berlebihan. Sampah padat biasanya berupa sampah plastic, gelas, kaleng, dan kertas. Sampah seperti ini susah terurai sehingga dapat mencemari tanah disekitar kita. Lingkungan tampak kumuh dan kotor.
• Pencemaran air
Pencemaran air dapat berasal dari limbah rumah tangga atau pun limbah pabrik yang dibuang kedalam saluran air. Limbah rumah tangga terdiri dari air bekas cucian, air bekas mandi, dan air kotor darri WC. Limbah pabrik berupa buangan air hasil pengolahan industri. Air limbah pabrik biasanya banyak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Air yang terkena limbah biasanya tampak hitam dan berbau.
• Pencemaran udara
Pencemaran udara dapat disebabkan oleh debu, asap, ataupun bau yang tidak sedap. Debu merupakan benda padat yang berbentuk butiran sangat halus dan ringan. Debu dapat berasal dari tanah kering, serpihan kayu, semen, dan lain-lain.
B) PENGARUH KONDISI LINGKUNGAN TERRHADAP KEESEHATAN
Kalian telah mengetahui perbedaan lingkungan sehat dan lingkungan yidak sehat. Lingkungan menjadi
tidak sehat karena adanya pencemaran. Apa pengaruh lingkunga yang tidak sehat terhadap kesehatan kita/ keadaan udara yang buruk paaling cepat mempengaruhi kesehatan kita. Udara yang berdebu atau berasap langsung membuat kita terbatuk-batuk. Mata kita pun terasa perih dan gatal. Jika kita terlalu sering menghirup udara kotor, maka alat pernapasan kita dapat terserang penyakit. Mialnya, paru-paru kita terserang penyakit sehingga pernapasan kita terganggu.

Gambar akibat tidak menjaga kesehatan
Keadaan air yang tercemar dapat menganggu kehidupan kita. Air yang ettrcemar tidak dapat kita manfaatkan, baik untuk diminum, atau untuk mandi dan mencuci. Jika terminum, air tercemar akan meracuni tubuh. Jika dipakai untuk mandi, air tercemar dapat menyebabkan penyakit kulit.
Ikan tidak dapat hidup di air tercemar. Jadi jika ditemukan banyak ikan yang mati terapung di sungai. Maka kemungkinan telah terjadi pencemaran di sungai itu. Kesehatan kita dapat terganggu jika tterus-menerus berada dalam lingkungan tidak sehat.

C) BERBAGAI CARA MENJAGA KESEHATAN LINGKUNGAN
Lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit. Ini berarti, agar dapat tumbuuh sehat, kita wajib menjaga dan memmelihara kesehatn lingkungan.
Jika diminta memilih, semua orang pasti memilih tempat yang sehat untuk tempat hidupnya. Akan tetapi. Banyak orng tinggal dilingkungan tidak sehat di kota besar akibat kemiskinan.
Orang tidak dapt tinggal dilingkungan tidak sehat di kota besar sperti Jakarta. Harga tanah yang semakin mahal membuat orang terpaksa tinggal berdesakan. Tidak sedikit orang memilih tinggal di bawah jembatan laying, bahkan dikolong jembatan bersungai keruh. Mereka tidak cukup uang untuk membeli atau menyewa lahan yang baik. Jadi, mereka bukan tidak paham etntang lingkungan sehat. Mereka terpaksa hidup seperti itu karena miskin. Ya, saudara-saudara kita yang miskin sangat membutuhkan pertolngan kita.
Apakah lingkungan sederhana tidak dapat menjadi lingkungan yang sehat?

Gambar cara menjaga agar lingkungan tetap sehat
Lingkungan sederhana dapat menjadi lingkungan yang sehat dengan memperhatikan beberapa ha sebagai berikut :
1) Walaupun tidak memiliiki halaman yang cukup, setiap rumahperlu memelihara tumbuhan dalam pot. Semakin banyak tumbuhan, lingkungan semakin terlihat asri.
2) Warga harus member lahan yang cukup untuk membuat jalan lingkungan. Walaupun berupa gang, jalan kecil ini sangat membantu lancarnya transportasi.
3) Setiap rumah mamiliki tempat sampahh tertutup. Dengan cara ini, bau sampah tidak menyebar. Sampah harus dibuang ditempat sampah.
4) Warga perllu sering bekerja bakti membersihkan selokan. Hal ini untuk mencegah terjadinya banjir dimusim hujan.
5) Semua orang harus menjalankan hidup sehat. Misalnya, tidak memakai deterjen secara berlebihan untuk mencuci. Pemilik kendaraan bermotor harus merawat kendaraan agar tidak membuang banyak gas beracun keudaraan.
Walaupun masih kecil, kalian dapat menyelamatkan lingkungan dengan cara sederhana. Buanglah sampah hanya ditempat sampah, bukan ditempat lain. Jika tidak tersedia ttempat sampah di suatu tempat, kalian dapat menyimpan sampah sejenak. Saat kalian menemukan tempat sampah terdekat, baru kalian boleh membuang sampah itu.ya, kalian perlu sedikit berkorban agar lingkungan tetap bersih. Kebiasaan yang baik perlu dilatih sejak kecil.
Cara memelihara kesehata lingkungan adalah dengan menjaga keberhasilan lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, dan mengatasi pencemaran lingkungan.
RANGKUMAN :
1) Dalam lingkungan yang sehat, keadaan tanah, air, dan udara di sekelilingnya bersih dan tidak tercemar
2) Dalam lingkungan yang tidak sehat, keadaan tanah, air, atau udara tidak bersih dan sudah tercemar.
3) Jika lingkungan yang tidak di diami sudah tidak terasa nyaman, biasanya menandakan bahwa lingkungan tersebut sudah tercemar.
4) Pencemaran lingkungan dapat berupa pencemaran tanah, air, dan udara.
a) Pencemaran tanah umumnya dapat berupa limbah berbentuk cair atau padat.
b) Pencemaran air berasal dari limbah rumah tangga atau limbah pabrik yang dibuang kedalam aliran sungai.
c) Pencemaran udara dapat disebabkanoleh debu, asap atau pun bau yang tidak sedap.
5) Cara memeliharakesehatan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, dan mengatasi pencemaran lingkungan.

 UJI KOMPETENSI
1) Halaman rumahmu dipenuhi oleh-oleh daun-daun kering yang berguguran. Kamu menyapu dan membersihkan halaman tersebut. Setelah menyapu, terkumpul seonggok sampah dedaunan. Kemana kamu membuang sampah tersebut?
Ada tiga pilihan yang tersedia,. Pertama, kamu membuang sampah tersebut kesungai. Kedua, kamu memendamnya kedalam tanah. Ketiga, kamu membakar sampah tersebut. Manakah sebaiknya yang kamu pilih? Jelaskan alasanmu!
Jawab :


2) Ada dua ekor katak. Katak pertama masuk kedalam wadah yang berisi air biasa. Katak kedua masuk kedalam wadah berisi air sabun. Beberapa jam kemudian, salah satu katak mati dan mengapung di permukaan air. Katak manakah yang mati? Mengapa?
Jawab :
3) Jarak dari rumahmu ke sekolah tidak terlalu jauh. Untuk menempuhnya, kamu menggunakan kendaraan. Ada tiga macam kendaraan yang dapat kamu pilih. Pertama, kamumengendarai sepedamu. Kedua, kamu menggunakan becak. Ketiga, kamu menggunakan ojek motor. Manakah yang sebaiknya kamu pilih? Jelaskan alasanmu!
Jawab :

4) Sekolahmu hendak mengadakan penghijauan dipinggir-pinggir jalan. Ada tiga tanaman yang ditawarkan, yaitu pohon singkong, pohon rambutan dan pohon akasia. Manakah tanaman yan sebaiknya kamu pilih? Jelaskan alasanmu!
Jawab :

5) Halaman rumahmu belum ditanami tanaman. Kamu menginginkan halaman rumahm teduh dan rindang. Selain itu, kamu juga menginginkan dapat menikmati buah tanamantersebut. Paman menawarkan tiga macam pohon, yaitu pohon cemara, pohon mangga, pohon pisang. Manakah tanaman yang kamu pilih? Tuliskan dua tanaman lain yang sesuai keinginanmu tadi!
Jawab :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar